Materi pelatihan yang diberikan adalah 12 kali, dengan tugas yang menyertai pada pelatihannya. Tugas yang diberikan bukan berupa tugas formal namun lebih pada bagimana membangun kepercayaan diri dari peserta. Pelatihan satu sampai enam merupakan pelatihan untuk peningkatan kapasitas diri, oleh karena itu tugas-tugas yang diberikan menyangkut cara mengeluarkan potensi dalam diri. Sedangkan pada materi tujuh hingga ke duabelas, terfokus pada pengenalan kewirausahaan sehingga materi mengenai marketing dan teknik penjualannya.

Ada tiga focus utama peningkatan dalam program ini yaitu peningkatan kepercayaan diri, peningkatan wawasan , dan peningkatan pengalaman. Pada peningkatan wawasan dan pengalaman hampir sama rata pada semua peserta . Pada peningkatan kepercayaan diri ada perbedaan cara pengaplikasian pada setiap peserta.

Baca juga:  Presiden El-Sisi Undang Presiden Jokowi Hadiri COP27 di Mesir

Salah satu peserta yang mengalami peningkatan yang paling signifikan adalah Tuti Darmayanti. Pada awal program, Tuti mengikuti pelatihan dan mengerjakan tugas-tugas yang diberikan dengan teratur. Perubahan signifikan dimulai ketika ada tugas mengenai membuka toko online dan mengharuskan memasukan produk. Setelah diskusi dengan pembimbing kegiatan, akhirnya dia memasukan aneka cemilan tradisional khas Bandung dalam tokonya. Dan dengan stimulasi tugas serta bimbingan, saat ini toko onlinenya memiliki lebih dari 2700 pengikut dan penjualan rutin setiap minggunya. Dan Tuti berhasil mendapatkan omzet beberapa juta. Ini adalah salahsatu indicator keberhasilan dalam program bagaimana peningkatan kapasitas diri menjadi peningkatan kemandirian ekonomi individunya.

Baca juga:  Peringati Hari Buruh Internasional, Bey Machmudin Ajak Buruh Hadirkan Kegiatan Positif

Sejalan dengan PT Geo Dipa Energi (Persero) yang mengelola energi untuk kebermanfaatan bangsa, diharapkan juga Program Beasiswa Inspiratif Geodipa Energi ini juga dapat menghasilkan generasi muda yang dapat menjadi energi untuk kemajuan Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *